Komputer Generasi Pentium

Minggu, 29 November 2009 ·
• Genarasi Pentium I
Era kejayaan komputer dengan Prosesor 486 mulai berakhir pada tahun 1993, pada saat itu muncul era Pentium yang mempunyai unjuk kerja lebih baik. Pada saat itu Intel mengeluarkan 2 produk sekaligus, yaitu generasi 60 MHz dan generasi 66 MHz. Komputer generasi 60 MHz seperti, Pentium 90, Pentium 120, dan Pentium 150. Sedangkan generasi 66 MHz adalah komputer Pentium 133, Pentium 166, dan Pentium 200.
Selain Intel dengan Pentium-nya, perusahaan lain yang memproduksi prosesor adalah Cyrix. Walaupun ada beberapa kekurangan dari produk Cyrix tetapi tetap laku di pasaran karena menawarkan harga yang murah. Cyrix juga kompatibel dengan produk-produk pentium lainnya sehingga dapat digunakan pada komputer bukan produk Cyrix. Ada juga yang lain seperti Athlon yang merupakan generasi Pentium AMD (Advanced Micro Device), AMD ada yang kompatibel dengan Pentium seperti Atlon K5. Ada juga yang tidak kompatibel dengan Pentium seperti Atlon K5.
Kemampuan generasi Pentium 1 kurang baik untuk menjalankan program-program multimedia. Oleh karena itu beberapa perusahaan komputer berusaha keras menciptakan produk yang baru, sehingga pada tahun 1997, 4 tahun sejak Pentium pertama kali diperkenalkan muncul produk baru yang dari intel dengan nama Pentium MMX. Pentium MMX diproduksi oleh Intel dengan nama prosesor Intel Pentium MMX. Bersamaan dengan produk dari Intel, AMD mengeluarkan produk barunya yaitu WinChip dengan nama AMD K6 MMX. Tidak ketinggalaan Cyrix juga memperkenalkan produknya yang diberi label Cyrix MII (M-Two)


• Generasi Pentium II
Pentium II mulai dikembangkan sejak tahun 1991 dan di perkenalkan pada tahun 1997. Mula-mula yang mengeluarkan produk adalah Intel dengan memperkenalkan Pentium Pro atau Pentium II. Prosesor baru ini memiliki ciri-ciri kecepatan clock mencapai 300 MHz. CPU diletakan dengan chace memory eksternal menjadi 512 KB dalam satu modul SECC (Singel Edge Contact Cartridge), memiliki perintah-perintah MMX, cache memory internal menjadi 32 KB.
Generasi Pentium II yang diproduksi Intel bekerja pada 200 MHz, seperti Pentium 200, Pentium 200 MMX dan Pentium Pro 200. Selain itu, ada juga yang bekerja pada 133 MHz antara lain: Pentium II 233, Pentium II 350, Pentium II 450, dan Pentium II 500. Intel juga memproduksi prosesor yang lebih murah yaitu Pentium II Celeron, dan Pentium II Xeon. Kedua produk ini dikeluarkan untuk merebut pangsa pasar Intel yang banyak diambil oleh AMD prossesor Atlon dengan K6-nya.

• Generasi Pentium III
Pentium III diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1999 dengan MMX2, generasi ini memperbaiki generasi sebelumnya dalam hal peningkatan perintah untuk pengolahan grafis 3D yang banyak digunakan untuk pembuatan game , sehingga terlihat seolah-olah peningkatan kemampuan prosesor mengikuti kebutuhan akan game.
Satu tahun berikutnya, AMD mengeluarkan produk Atlon K7. Produk ini jauh lebih baik dibandingkan produk yang dikeluarkan oleh Intel dengan MMX2-nya. Kemampuan cache memory eksternal Athlon K7 mininal 512 KB, dan cache memory internal 128 KB, dan kecepatan mencapai 600 MHz. Mulai saat itulah Atlon menjadi pesaing utama intel dalam produksi segala hardware komputer.
| More

0 komentar:

Posting Komentar