Beasiswa Bidik Visi ITS

Jumat, 15 Januari 2010 ·

PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA ITS
PROGRAM PENELUSURAN MINAT & KEMAMPUAN (PMDK)
TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Sistem Penerimaan Calon Mahasiswa Baru ITS tahun akademik 2010/2011 untuk program Sarjana dilakukan melalui Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melalui Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) serta Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui program PMDK dan PKM adalah:
  • Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas
  • Meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan
Khusus seleksi melalui program PMDK untuk program pendidikan sarjana (S1) terdapat 2 (dua) kategori yang dapat diikuti:
  1. PMDK REGULER:
    Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan SMK-sejenis yang mempunyai nilai rapor yang tinggi.
  2. PMDK BERPRESTASI:
    Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan SMK-sejenis yang menjadi juara I s.d. III dalam kejuaraan/lomba/olimpiade bidang sains, teknologi, serta seni lukis dan/atau seni rupa di tingkat nasional/internasional.

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM BEASISWA BIDIK MISI
TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITS tahun akademik 2010/2011 untuk Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Berbeasiswa diintegrasikan dengan Program Beasiswa Bidik Misi yang diluncurkan oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Program Beasiswa Bidik Misi terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2010 yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa akan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan Sarjana, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III, dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus sebagai mahasiswa aktif.
Bagi pendaftar Program Beasiswa Bidik Misi yang memilih program studi di ITS baik sebagai pilihan pertama dan/atau pilihan kedua harus mengikuti semua persyaratan dan ketentuan, tata cara pendaftaran, jadwal, dan pendaftaran ulang yang ditentukan dalam pengumuman ini
Tata Cara Pendaftaran BIDIK MISI ITS
  1. Pendaftaran dilaksanakan secara on-line antara tanggal 1 Februari s.d. 2 April 2010 melalui website ITS di http://www.its.ac.id dengan tata cara seperti berikut:
    1. Kepala Sekolah mengirimkan surat permohonan untuk memperoleh personal identification number (PIN)  kepada Panitia Program Beasiswa Bidik Misi ITS, BAAK-ITS melalui fax ke (031) 592-3619 mengenai daftar nama dari siswa (Nomor Induk Siswa, Nama lengkap serta tempat dan tanggal lahir) yang akan mendaftar di ITS (baik untuk pilihan pertama maupun pilihan kedua). Surat permohonan terpisah harus dikirimkan untuk tambahan peserta susulan. Dalam surat permohonan harus dicantumkan dengan jelas nomor fax sekolah dan nomor HP kepala sekolah untuk keperluan komunikasi.
    2. Kepala Sekolah akan menerima daftar PIN dari semua siswa yang akan didaftarkan melalui fax.
    3. Melakukan pendaftaran secara on-line melalui website ITS di http://www.its.ac.id dengan menyiapkan kelengkapan sebagai berikut:
      1. File pas foto ukuran 4x6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB
      2. Rapor untuk mengisi nilai mata pelajaran semester 1 s.d. 5 (kelas reguler/internasional) atau semester 1 s.d. 4 (kelas akselerasi)
      3. Piagam/sertifikat/penghargaan prestasi kurikuler, ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler yang pernah diperoleh
  2. Pendaftar harus mengirimkan dokumen tersebut di bawah ini (secara langsung maupun melalui jasa kurir) mulai tanggal 1 Februari s.d.  3 April 2010 (stempel pengiriman) kepada:
Panitia Program Beasiswa Bidik Misi ITS
u.p. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS
Kampus ITS, Sukolilo
Surabaya 60111

    1. Bukti cetak pendaftaran on-line.
    2. Fotokopi kartu tanda siswa atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif.
    3. Fotokopi rapor yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah: semester 1-5 untuk siswa kelas reguler/internasional, dan semester 1-4 untuk siswa kelas akselerasi, disertai dengan surat keterangan tentang peringkat siswa di kelasnya dan/atau bukti pendukung prestasi lain di bidang kurikuler atau ko-kurikuler yagn dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas.
    4. Fotokopi kartu keluarga.
    5. Fotokopi kartu keluarga miskin. Bagi yang tidak memiliki kartu keluarga miskin harus menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua/wali atau surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa atau Kepala Dusun atau tokoh masyarakat yang dapat dibuktikan kebenarannya.
    6. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan/atau fotokopi bukti pembayraan PBB dari orang tua/wali.
    7. Berkas yang harus dilengkapi oleh Sekolah/Unit Dikmas:
      • Surat rekomendasi dari Kepada Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas yang menerangkan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi (seperti dijelaskan dalam bagian persyaratan dan ketentuan poin 3) dengan orang tua/wali tidak mampu secara ekonomi.
      • Daftar nama siswa (berupa tabel yang terdiri dari nomor urut, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan distempel cap sekolah) yang mendaftar program beasiswa bidik misi ke ITS.

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi penerimaan calon mahasiswa baru ITS melalui program PMDK akan diumumkan pada tanggal 15 Mei 2010, di Kampus ITS Sukolilo, Surabaya; dan melalui Website ITS di http://www.its.ac.id

Pendaftaran Ulang

Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi diwajibkan mendaftar ulang pada hari kedua pelaksanaan ujian SNMPTN tahun 2010 pada pukul 08.30 WIB di Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya.

| More

0 komentar:

Posting Komentar