Kamis, 15 Maret 2018 ·
Disiplin siswa juga tanggung jawab orang tua (Menanggapi orang tua yang protes rambutnya dipotong sekolah)

Hari ini saya terperanjat ada orangtua di salah satu SD di kalidoni Palembang yang protes di harian Sumeks karena rambutnya dipotong guru, mengapa harus protes?
Saya sebagai orang, saya juga punya anak,  beberapa kali anak saya juga rambutnya dipotong guru, karena melebihi ketentuan dari 2 cm. Saya tidak protes, karena jika saya protes pasti anak saya merasa dibela dengan kesalahan yang dilakukan, efeknya ia akan merasa benar. Jika hal ini terjadi ia akan berani melawan guru, karena didukung orang tua dan merasa dirinya tidak bersalah.
Saya memberi pelajaran kepada anak saya bahwa berani melanggar peraturan harus berani menanggung resiko dan akibatnya. Inilah yang namanya mendidik, sehingga anak menjadi berani menerima keadaan. Inilah yang membuat anak-anak menjadi dewasa dan tidak kerdil mental. Orang tua harus mendukung anaknya dengan cara yang baik tanpa harus membela dengam membabi buta, karena hal ini akan menjerumuskannya ke kenakalan yang lebih besar dan berat. Hal ini akan lebih merepotkan kita sebagai orang tua dan sekolah.
Karena anak adalah masa depan kita maka kita wajib mendidik agar belajar dengan keadaan, lingkungan dan peraturan. Jarang sekali dijumpai guru memberikan pendidikan untuk menghukum, karena mendidik bukanlah perkara yang mudah, perlu ilmu, stategi dan dukungan orang tua.
Banyak orang tua yang belum menyadari bahwa orangtua juga mempunyai tanggung jawab karena anak lebih lama di rumah daripada di sekolah. Kita bersyukur kepada para guru yang telah memberikan jiwa dan raganya untuk pendidikan.
Bagaimana kalau guru di sekolah itu cuek, tidak perduli dengam siswanya, rambut panjang dibiarkan, tidak disiplin dibiarkan, terlambat dibiarkan APA YANG AKAN TERJADI DENGAN ANAK ANAK KITA? 
Mari kita belajar, memberikan dukungan kepada anak dengan memberikan pendidikan yang baik kepada anak anak kita dan belajar refleksi diri sendiri, jangan serta merta menyalahkan apa yang dilakukan guru di sekolah.
Jika kita tidak berkenan dengan cara cara pendidikan di sekolah itu, pindahkan saja anak anak kita ke sekolah lain. Begitu saja kok repot.
| More

0 komentar:

Posting Komentar