Struktur Kurikulum KELOMPOK MATA PELAJARAN

Selasa, 03 April 2012 ·
STRUKTUR KURIKULUM
Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu, maka SMAN 2 Banyuasin II menyusun struktur kurikulum sesuai dengan pedoman yang berlaku. Struktur Kurikulum SMAN 2 Banyuasin di dalamnya terkandung meliputi SKL 5 kelompok mata pelajaran, pendidikan karakter, Belajar Aktif, Ekonomi Kreatif. Unsur tersebut tersebar pada semua mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

• Kelompok Mata Pelajaran
Struktur Kurikulum merupakan kelompok mata pelajaran, dan mata pelajaran yagn harus ditempuh oleh siswa di setiap tingkatan. Sesuai dengan Standar Kelulusan (SKL) yang telah di tetapkan oleh Kepmendiknas nomor 23 tahun 2006 dan nomor 48 tahun 2008 tentang Standar Kelulusan (SKL) dan petunjuk pelaksanaan dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) maka memuat kelompok mata pelajaran menjadi 5 kelompok yaitu:
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3. Kelompok pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4. kelompok pelajaran estetika
5. kelompok pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Setiap kelompok mata pelajaran tersebut diimplementasikan ke dalam setiap kegiatan pembelajaran di SMA, Cakupan masing-masing kelompok mata pelajaran yang relevan adalah sebagai berikut:

Kelompok Mata Pelajaran dan Cakupannya

1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama

2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkunan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.

3. Kelompok pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berfikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

4. Kelompok pelajaran estetika
Kelompok estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekpresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekpresi keindahan serta harmoni mencapai apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5. Kelompok pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan SMA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerjasama dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran sikap, dan perilakuk hidup sehat yang bersifat individual ataupun bersifat kolektif kemasyarakatan seperti kebebasan dari prilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, deman berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang berpotensi untuk mewabah.
| More

0 komentar:

Posting Komentar